RSS

Membuat Aplikasi Android Sederhana yang Memanfaatkan Fitur GPS

Nama           : Reza Fahlepi
NIM              : 09111003028
Jurusan        : Sistem Informasi Reguler
Matakuliah   : Teknologi Bergerak (Mobile Technology)



Global Positioning System (GPS) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.



Berikut ini adalah langkah-langkah membuat aplikasi android sederhana yang memanfaatkan fitur GPS pada device Android untuk menentukan posisi (Longitude dan Latitude) :

1. Buat project baru dengan cara klik File > New > Android Application Project


2. Setelah dibuka, isi form nama proyek, nama aplikasi dan nama package serta Minimum required SDK, target SDK, compile with dan theme. Lalu klik Next.


3. Centang beberapa pilihan yang ingin dipilih misalkan Create custom launcher icon dan create activity serta create project in workspace [default]. Lalu klik Next.


4. Tampilan selanjutnya adalah tampilan untuk mengatur icon, background dan lain-lain untuk aplikasi kita. Lalu klik Next.


5. Pilih dan conteng Create Activity lalu pilih Blank Activity. Lalu klik Next.


6. Isi Activity Name, Layout Name dan lain-lainnya. Lalu klik Finish.



7. Pada project yang sudah kita buat tadi bernama BelajarGPS, buka 'res>values>strings.xml'.


8. Edit source code pada Strings.xml sesuai dengan variable dan isinya yuang anda inginkan lalu di-save.


9. Buka dan modifikasi file yang bernama 'AndroidManifest.xml' yang ada pada project kita lalu di-save.


10. Lalu buka dan modifikasi file 'res>layout>activity_main.xml' kemudian save.


11. Source code untuk 'MainActivity.java' :



12. Run Project yang sudah kita buat bernama Accelerometer tadi. Klik kananpada project kita > pilih Run As > 1 Android Application :


13. Setelah kita Run tadi maka akan menghasilkan file baru bernama 'BelajarGPS.apk'. Dikarenakan laptop yang saya gunakan tidak memiliki fitur GPS, maka copy file tersebut ke android devicemu lalu di-install.


14. Buka program yang sudah kita install tadi bernama 'BelajarGPS'. Atau ada fitur Eclipse yang dapat kita gunakan untuk mengirimkan data GPS ke emulator. Pertama-tama, kita masuk ke DDMS (Pilih Window – Open Perspective – DDMS). Kemedian kita debug aplikasi yang kita buat. Kemudian, pilih tab Emulation Control. Di bagian ini terdapat bagian Location Controls.


Di bagian Location Controls inilah kita dapat memasukkan data longitude dan latitudesecara manual. Masukkan nilai longitude dan latitude yang akan dikirimkan ke emulator, kemudian tekan tombol send. Sekarang, aplikasi 'BelajarGPS' yang telah kita buat akan menampilkan posisi geografis pengguna yang telah dikirimkan.



Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi yang baru ingin mulai belajar membuat aplikasi Android khususnya yang memanfaatkan fitur GPS :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format