RSS

Program Android untuk membuat QR Code Generator dengan Google Chart API

Nama               : Reza Fahlepi
NIM                  : 09111003028
Jurusan            : Sistem Informasi Reguler
Matakuliah       : Teknologi Bergerak (Mobile Technology)


QR Code adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang (barcode), yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Oleh karena itu secara otomatis QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang (barcode).

Secara spesifik, QR Code mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode biner sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu QR Code memiliki tampilan yang lebih kecil daripada Barcode. Hal ini dikarenakan QR Code mampu menampung data secara horizontal dan vertikal.

QR Code juga tahan terhadap kerusakan, karena QR Code mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30% (Code Correction). Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol QR Code kotor ataupun rusak, data tetap bisa dibaca. Berbeda dengan Barcode yang di olah dengan membuang sebagian warna dan merubahnya menjadi sinyal analog, QR Code bekerja dengan memproses gambar yang diambil. Tiga kotak besar di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama ketika gambar tersebut di ambil dari sudut manapun selama kode itu di scan penuh. Jelasnya jika kamu memindai (Scan) gambar QR Code dari sebuah tabloid secara miring, maka gambar itu di proses dan diluruskan kembali oleh alat Scanner.



Berikut ini adalah langkah-langkah membuat aplikasi android untuk membuat QR Code Generator dengan Google Chart API :

1. Buat project baru dengan cara klik File > New > Android Application Project


2. Setelah dibuka, isi form nama proyek, nama aplikasi dan nama package serta Minimum required SDK, target SDK, compile with dan theme. Lalu klik Next.


3. Centang beberapa pilihan yang ingin dipilih misalkan Create custom launcher icon dan create activity serta create project in workspace [default]. Lalu klik Next.


4. Tampilan selanjutnya adalah tampilan untuk mengatur icon, background dan lain-lain untuk aplikasi kita. Lalu klik Next.


5. Pilih dan conteng Create Activity lalu pilih Blank Activity. Lalu klik Next.


6. Isi Activity Name, Layout Name dan lain-lainnya. Lalu klik Finish.


7. Edit source code pada Strings.xml sesuai dengan variable dan isinya yuang anda inginkan lalu di-save.


8. Buka dan modifikasi file yang bernama 'AndroidManifest.xml' yang ada pada project kita lalu di-save.


9. Lalu buka dan modifikasi file 'res>layout>activity_main.xml' kemudian save.


10. Source code untuk 'MainActivity.java' :

11. Run Project yang sudah kita buat bernama RezaQRCode tadi. Klik menu Run > pilih Run As > 1 Android Application :


12. Lalu jalankan project yang kita buat tadi. Sebelum menjalankan pastikan Emulator Android pada Eclipse sudah kita buka dan berjalan.

13. Pada Emulator yang kita buka tadi otomatis akan tampil icon Aplikasi yang sudah dijalankan (di-running)

14. Buka Aplikasi dengan cara klik icon aplikasinya. Dan akan tampil isi dari aplikasi yang kita buat tadi. Dalam kasus ini saya akan mengenerate link blog saya menjadi QR Code.


Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi yang baru ingin mulai belajar membuat aplikasi Android yang berhubungan dengan QR Code :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bisa minta source codenya gak?
klo bisa mohon d kirim ke siapakahyancemalelak@gmail.com
makasih :)

najar mengatakan...

mas punya contoh apl untuk scan qr code?
kalau ada email donk
najar.doank@gmail.com

Posting Komentar

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format